BREAKING

Rabu, 17 Mei 2017

4 Tipe Mahasiswa yang Pasti ada di Setiap Kampus

Oleh; Tafrichul Fuady Absa
@fuadyabsa1996
siapa yang tak kenal dengan mahasiswa? tentunya hanya sedikit orang yang tidak tahu apa itu Mahasiswa. Mahasiswa adalah orang atau individu yang sedang menempuh pendidikan di kampus. aktivitasnya disebut kuliah, sedangkan orangnya disebut mahasiswa. berbeda dengan siswa, yang aktivitasnya disebut sekolah. dan tempatnya di sekolahan. bukan di kampus. mahasiswa terkenal dengan semboyan "Agent Of Change". ia adalah kaum menengah. bisa kebawah, bisa keatas. penyampai lidah masyarakat. dan hal-hal lain yang disematkan terhadap mahasiswa. dibalik itu semua, ada beberapa tipe mahasiswa yang tidak diketahui oleh orang banyak. diantaranya;

1.Mahasiswa Kupu-Kupu








Pertama adalah Mahasiswa Kupu-Kupu. inget loh ya, ini bukan kupu-kupu sejenis hewan yang indah itu. dan juga bukan mahasiswa yang indah itu juga. tapi ini adalah singkatan yang cukup awam di kalangan kampus. mahasiswa kupu-kupu adalah mahasiswa yang kegiatanya KUliah-PUlang KUliah-PUlang. mahasiswa jenis ini umumnya lulus tepat dengan waktu yang sudah ditentukan. mahasiswa jenis ini pasti selalu ke kampus jika ada mata kuliah yang diambilnya. dan tidak akan ke kampus jika tidak ada mata kuliah yang diambilnya. prinsip mahasiswa jenis ini adalah intinya masuk kelas, absen, mengikuti mata kuliah, dan...LULUS!!!!. dan pada umumnya, mahasiswa type ini lulusnya lebih cepat.

2. Mahasiswa Kura-Kura








Kedua adalah mahasiswa Kura-Kura. perlu diingat juga bahwa mahasiswa jenis ini bukan berarti lambat dalam segala hal seperti kura-kura. tapi mahasiswa jenis ini adalah mahasiswa yang cukup aktif di bidang organisasi. mahasiswa kura-kura adalah yang kegiatanya dikampus KUliah-RApat KUliah-RApat. banyak juga dikampus mahasiswa seperti ini dengan organisasi yang beragam pula. mahasiswa tipe ini, berbeda terbalik dengan mahasiswa kupu-kupu. sebab, pada umumnya mahasiswa tipe ini tidak begitu peduli dengan absen, mata kuliah. yang penting adalah mendedikasikan diri mereka untuk organisasi. ia tidak peduli dengan hari apa kampus buka, hari apa kampus tutup, jam berapa kampus buka, jam berapa kampus tutup. karena bagi mereka, setiap jam, setiap tempat, dan setiap hari, jika memungkinkan untuk membahas organisasi, atau acara besar yang diadakan organisasi, maka itu adalah jihad fi sabilillah untu menghadiri rapat atau acara tersebut. masalah mata kuliah, nanti bisa diatur. umumnya mahasiswa tipe ini lulus nya lebih belakangan dari mahasiswa kupu-kupu.


3. Mahasiswa Kunang-Kunang








ini adalah tipe mahasiswa terakhir yang susah dijelaskan dengan kata-kata. mahasiswa kunang-kunang adalah mahasiswa yang kuliah-nanggung. maksudnya, mahasiswa tipe ini sangat susah untuk di identifikasi. misalnya, dia kuliah tapi gak masuk kelas. aneh kan? mahasiswa Nyaru ini namanya. yang paling umum adalah gaya pakaianya bisa dibilang berantakan, apa adanya. celana robek-robek, rambut gondrong, sendal jepit. dan hal-hal lain yang melanggar aturan kampus. waktunya kuliah, mereka diskusi sendiri di suatu tempat, waktunya kuliah, mereka demo di jalan. mahasiswa tipe ini memang tidak menjadi idaman mertua. tetapi satu hal, mahasiswa tipe inilah yang suatu saat akan menjadi wakil rakyat kecil Indonesia. amiin. dan cenderung mahasiswa tipe ini lulus dengan waktu maksimal. lulus karena deadline.

4. Mahasiswa Kuda 












Terakhir adalah Mahasiswa Kuda. Mahasiswa yang mengemban amanat suci. Yaitu Kuliah sekaligus Dagang. Sebenarnya, untuk masuk kuliah itu gampang. Hal yang paling sulit adalah mempertahankanya. Apalagi kuliahnya di kampus-kampus perkotaan. Oleh karenanya, tipe mahasiswa jenis ini sering bermunculan di kampus-kampus. Karena mereka sadar bahwa duit tidak akan pernah turun dari pesawat. Demi terciptanya kehidupan yang layak dan mencukupi. Dagangan mereka beragam. Mulai dari dagang gorengan, dagang kopi, dagang kosmetik, dagang kopi (tapi Cafe), sampai dagang mobil di OLX. Semoga mahasiswa tipe ini di limpahkan Rejekinya oleh Sang Hyang Widhy.


Tipe mahasiswa manakah kalian? atau mau jadi tipe yang mana jika suatu saat menjadi mahasiswa?


*Penulis adalah Pemerhati Mahasisw(i)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2009 Piush
    Twitter Facebook Google Plus Vimeo Videosmall Flickr YouTube