BREAKING

Senin, 05 Juni 2017

5 Hal yang dilakukan anak kosan saat bulan puasa

Oleh; Fufu
@fuadyabsa1996
Sebagai mahasiswa sekaligus anak kos, tugas wajib saya memang untuk meneliti kegiatan dan aktivitas yang dilakukan anak kos setiap harinya. Tetapi ini agak spesial, karena bertepatan dengan momen bulan puasa, maka saya akan meniliti hal-hal apa saja yang dilakukan anak kosan saat bulan puasa. Metode penelitian yang saya gunakan adalah metode empiris subjektif total. Jadi, jika ada kesamaan tokoh dan latar belakang, itu hanyalah sebuah kebetulan dan tanpa di sengaja.
Apa itu anak kos? Siapa mereka? Anak kos, dalam sejarahnya sangat rumit sekali. Karena untuk mendapatkan gelar sebagai “anak kos”, maka perlu kiranya ibu kos atau bapak kos (seseorang yang mempunyai kosan), adanya bapak atau ibu kos, perlu adanya orang yang melahirkan bapak kos atau ibu kos. Dan seterusnya sampai kepada kesimpulan “madefakka”. Itu semua ulah Aristoteles. Jadi, maafkanlah.
Agar  tidak memperumit penjelasan tentang anak kosan, saya akan menjelaskan ala kadarnya. Anak kosan adalah anak-anak yang ngekos. Sederhananya demikian. Umumnya, anak kosan di sandang oleh mahasiswa perantauan yang tidak mempunyai tempat dimana ia tinggal. Makanya dia mencari tempat untuk dijadikan sebagai tempat tinggal. Nah, dari situlah gelar sebagai anak kosan di dapat.
Hal yang paling melekat dari anak kosan adalah uang pas-pasan. Dari segi financial, mari kita doakan bersama-sama agar Tuhan selalu bersama anak kosan. Demi menghindari maraknya pencurian di daerah setempat. Dan kepada BNN, gausah khawatir. Anak kosan bebas dari barang haram narkoba. Jangankan untuk beli narkoba, beli makan aja nyicil. Hari ini beli nasi, esok harinya beli lauk. Lusa baru beli es teh manisnya. Kalau rokok mah ada terus. Jadi, Don’t worry.
Bagaimana anak kosan menyambut bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah dan terhindar dari amarah? Inilah fakta menarik hal-hal yang dilakukan anak kosan saat bulan puasa.

1. Tidur

Semua manusia pasti mati
Anu adalah manusia
Maka anu mati
-Logika Deduktif Sederhana
Karena kita tahu setiap manusia pasti mati, maka perlu kiranya kita (sebagai manusia) perlu latihan sejak dini untuk menghadapi mati. Tidur adalah cara efektif untuk melatih mati.
Di Indonesia, puasa dilakukan kurang lebih selam 13 Jam. Waktu yang relatif lama untuk sekedar menahan lapar dan haus. Terlebih nafsu amarah yang menggelora. Untuk menghindari dari “batal puasa”, tidur adalah jawabanya. Anak kosan adalah manusia yang paling jago tidur. Karena ,mereka tidak memiliki aktivitas yang begitu penting. Toh, tidur di bulan puasa di hitung ibadah (dalil anak kosan). Bagaimana sholatnya? Tanyakan saja pada rumput yang bergoyang.
Karena tidur di hitung ibadah, maka anak kosan berlomba-lomba untuk tidur se-lama mungkin. Kalau bisa sampai “buka puasa tiba”.

2. Main Play Station (PS)

Trik puasa yang paling umum adalah bagaimana caranya waktu berjalan dengan cepat, agar puasa terasa cepat. Ada beberapa anak kosan yang tidak bisa ibadah tidur dengan waktu yang lama. Maka ia melampiaskanya dengan cara “main ps”. Main PS dianggap ampuh untuk mempercepat waktu puasa. Dengan main PS, segalanya menjadi cepat. Seakan-akan matahari bergegas untuk ke kantor, lalun mengejarkan deadline.
Tapi, untuk hal ini, perlu merogoh kantong jatah buka bersama bareng kawan-kawan seperjuangan. Jadi, kalau kalian tidak punya kantong (punya kantong aja dulu, isinya mah nanti) jangan coba-coba untuk melakukan hal ini. Cukup kembali ke nomor 1 yaitu melakukan ibadah tidur.

3. Nonton Drama Korea

Siapa bilang yang nonton Drama korea alay? Nggak laki? Gampang nangis?. Wooy...nonton dulu, baru komen. Drama korea nggak se-alay FTV yang orang miskin ketemu orang kaya kemudian pacaran dan nikah, atau orang desa ketemu orang kota kemudian pacaran dan nikah. Hidup gak se-becanda itu meen.
Anak kosan yang tidak mampu untuk melakukan nomor 1 dan 2, umumnya lebih memilih mengahbiskan waktunya dengan nonton drama korea. Kenapa drama korea? Bukan hollywood atau bollywood?. Pasalnya, drama korea dalam satu filmnya terdiri dari beberapa episode. Mulai dari 16 episode sampai 24 episode. Dalam 1 episode, kurang lebih membutuhkan waktu 1 jam untuk mengahabiskanya. Kalau 20 episode, maka butuh waktu 20 jam untuk meng-hatam-kanya.
Nih, ada rekomendasi dari peneliti untuk menemani waktu puasa anda; Descandent of The Sun, Pinochio, Healer, Cheer Up, Remember. Maaf karena merekomendasikan drakor lama. Karena peneliti sudah tidak update.

4. Memburu Takjil

hal yang paling ditunggu saat bulan puasa adalah “berbuka puasa”. Setelah tidur ber-jam jam, atau setelah main PS, atau nonton drama korea. Sudah waktunya untuk melepas dahaga atau melampiaskan nafsu (makan) nya. Untuk melampiaskan itu semua, anak kosan berbondong-bondong datang ke masjid terdekat. Kenapa tidak memasak atau beli di warung makan untuk berbuka puasa? Eh, dalam pelajaran dasar ekonomi, kalau ada yang berkualitas dan murah, kenapa gak diambil. Kalau ada yang gratis, kenapa harus beli?.
Betul memang  bahwa bulan puasa akan meningkatkan ibadah kita kepada Tuhan semesta alam. Bukti konkritnya adalah orang-orang berbondong-bondong datang ke masjid untuk melaksanakan ibadah “buka puasa”. Sholatnya iya gak? Jangan tanyakan sholatnya. Itu hablumminallah.

5. Tidak Puasa

“Jikalau engkau tidak menjalankan ibadah puasa, lebih baik diam saja”
-Unknown

*Penulis adalah Anak Kos yang tidak Nge-Kos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2009 Piush
    Twitter Facebook Google Plus Vimeo Videosmall Flickr YouTube