BREAKING

Senin, 19 Mei 2014

MASIHKAH TERJAGA IDEALISME ITU?

Oleh Ulfiana
Berbicara tentang idealisme memanglah sangat membingungkan. Ketika aku membaca perjalanan Gie aku dihadapkan pada pertanyaan-pertanyaan yang aku sendiri tak mampu menguraikan. Aku mempertanyakan, benarkah aku menjunjung idealisme itu? Atau aku malah terjatuh dalam kubangan lumpur yang menghalangi masyarakat untuk memandangiku? Atau aku telah berpaling ke dalam sikap yang membuatku gerah kala merasanya, yakni pragmatisme.
Mahasiswa yang katanya sebagai agent of change akankah benar-benar melawan sikap otoriter pemerintah yang telah menyudutkan masyarakat bawah? Gumulan tanya telah memenuhi pikirku yang semakin gundah. Aku tak menuntut mahasiswa-mahasiswa yang merupakan agen perubahan untuk menjadi idealis akan tetapi siapakah yang akan menjadi generasi bangsa yang tangguh menghadapi tantangan dunia. Meski demikian aku pun masih mempertanyakan di manakah posisiku.

Alangkah baiknya ketika kita memilih jalan untuk memperjuangkan tujuan-tujuan bangsa yang semakin tergerus oleh zaman yang serba instan. Karena mahasiswa adalah tumpuan bangsa sehingga apakah kita harus mengkhianati kepercayaan yang telah diberikan oleh masyarakat kepada kita? Dan ternyata menjadi mahasiswa bukanlah sesuatu tugas yang mudah karena ditangan kita-lah masa depan akan terukir nyata. Jabatan memang suatu kemutlakan untuk digenggam namun ia haruslah dijadikan sebagai alat untuk mengubah dunia menjadi semakin baik karena Indonesia membutuhkan uluran tangan-tangan kita bukan malah menyuburkan praktik korupsi yang katanya semakin mendarah daging saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2009 Piush
    Twitter Facebook Google Plus Vimeo Videosmall Flickr YouTube