BREAKING

Senin, 19 Mei 2014

Catatan Tentang Selingkuh

Oleh Ramdhany
Dalam setiap kesempatanku mengisi materi di acara pelatihan kader di organisasi Himpunan Mahasiswa Islam, aku sering mengatakan kepada peserta, mengapa Tuhan atau Allah itu sangat membenci dosa syirik?
Aku kemudian menjelaskan bahwa syirik berarti mengelingkuhkan atau berselingkuh. Seseorang dapat dikatakan syirik atau berselingkuh jika seandainya seseorang itu pada mulanya telah mengikatkan suatu komitmen kepada sesuatu, dan dalam konteks syirik berarti berkomitmen kepada Tuhan atau Allah. Akan tetapi di tengah perjalanannya, seseorang itu mengikatkan komitmen-komitmen yang lain kepada sesuatu selain Tuhan atau Allah.
Kemudian aku pun menganalogikan kasus tersebut dalam fenomena yang tejadi dalam konteks interaksi sosial. Seseorang dapat dikatakan selingkuh jika ia telah memiliki kekasih yang sah, baik sah menurut agama, negara, maupun suka sama suka.
Dampak dari perselingkuhan sangatlah fatal. Perselingkuhan dapat menyebabkan hubungan seseorang menjadi retak, hancur bahkan bisa memutuskan tali ikatan kasih antara satu dengan yang lainnya. Perselingkuhan merupakan pintu masuk bagi prahara kisah cinta yang berubah mejadi kebencian.
Berselingkuh berarti pula meduakan, mentigakan dan seterusnya. Artinya berselingkuh pada dasarnya menjadikan diri seseorang itu tidak bebas, atau terjajah, karena dirinya telah memiliki banyak sekali ikatan dengan sesuatu yang lian.
Maka sangatlah wajar jika seseorang akan merasakan cemburu atau benci yang teramat dalam kepada pasangannya yang melakukan perselingkuhan. Bahkan lebih jauh, jika seseorang berselingkuh, sudah bisa dipastikan tiada maaf lagi baginya.
Berselingkuh itu prilaku yang menyimpang dari thabi`at atau fitrah manusia. Jalan yang benar adalah ketika ia telah mampu mempertahankan komitmen awalnya pada satu hal saja. Manusia merdeka adalah ia yang tidak melakukan perselingkuhan, walau sepintas memang selingkuh itu terasa indah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2009 Piush
    Twitter Facebook Google Plus Vimeo Videosmall Flickr YouTube