BREAKING

Jumat, 21 Februari 2014

Jadi Presiden Itu Mudah

Jadi Presiden Itu Mudah

Oleh: Ramdhany
Siapa bilang jadi Persiden itu susah ? Ah, jika sekiranya susah, mungkin itu sangat berlebihan dan cerminan sikap ketidakmampuan dalam mengemban serta menjalankan tugas kewajibannya sebagai Presiden.
Menjadi Presiden itu bukan hanya sekedar prihatin ketika rakyatnya terkena musibah, tidak hanya mengeluh dikala sering difitnah, tidak sekedar blusukan untuk pencitraan dan bukan menjadi penakut dikala kedaulatan sedang terancam.
Menjadi Presiden Juga bukan ajang dijadikan matapencaharian demi pribadi dan anak buah. Karena lebih jauh seorang Presiden adalah simbol negara yang mencerminkan sikap negarawan.
Bagi saya, secara konseptual, menjadi seorang Presiden itu sangatlah mudah. Karena tugasnya sangatlah sederhana, yakni meyakinkan diri untuk berpegang teguh kepada Undang-Undang Dasar Tahun 1945 serta mampu untuk mengaktualisasikan setiap amanah yang tertulis didalamnya didalam berkehidupan berbangsa dan bernegara.
Undang-Undang Dasar Tahun 1945 merupakan buku pedoman yang merupakan representasi Negara Indonesia secara utuh. Karena apapun yang menyangkut dalam mekanisme berjalannya negara, semuanya telah diatur di dalamnya.
Turunanya, segala aturan apapun yang mengatur segala urusan yang bersifat parsial seperti prihal ekonomi. Pendidikan, politik, agama dan budaya tentunya harus berkesesuaian dengan nilai-nilai yang termaktub di dalam UUD 45.
Artinya, dalam membentuk suatu hukum untuk sesuatu yang bersifat parsial, tentunya kita harus paham secara utuh apa yang ingin dimaksud oleh UUD45 sehingga tidak terjadi pertentangan antara yang parsial dengan yang fundamental.
Jadi, sudah jelas bahwa tugas Presiden itu teramat sangat mudah sekali, yaitu berpegang teguh pada UUD45 serta mewujudka nilai-nilai yang termaktub di dalamnya dalam realitas kehidupan berbangsa dan bernegara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2009 Piush
    Twitter Facebook Google Plus Vimeo Videosmall Flickr YouTube