BREAKING

Kamis, 06 Oktober 2011

"SpongeBob Realytas Imajinasi Manusia"



Selamat datang di dunia "imajinasi", dunia yang segala apapun bisa terciptakan.
Imajinasi sebagai suatu kekuatan besar atau proses menghasilkan idea atau citra mental dalam pikiran manusia. sebagai makhluk yang "unik" diantara makhluk-makhluk adaan di alam ini manusia dianugrahi pikiran sebagai alat untuk mengungkap suatu misteri besar. 

***

berimajinasi sangatlah menyenangkan bagi manusia yang memiliki inspirasi dan ilusi. objek-objek indrawi yang tertangkap oleh indra kita menghasilkan citra dalam pikiran , lantas pikiran  itu  mengolah dan menyusunnya secara sistemik dan menjadikan citra itu menjadi sebuah "imajinasi".

katakanlah SpongeBob SquarePants sebagai salah satu bentuk hasil dari "imajinasi" manusia adalah sebuah serial film animasi yang sangat dinikmati oleh berbagai kalangan terutama kanak-kanak di Indonesia, itu merupakan sebuah karya imajinasi manusia di Barat yang sangat spektakuler. bagaimana tidak, disamping sebagai sebuah serial film animasi, ternyata mengandung banyak sekali nilainilai filosofis tentang kehidupan sejarah menusia.

SpongeBob yang tinggal di dalam laut samudra Pasifik ternyata memikili seorang teman akrab yaitu Patrick. nilai-nilai persahabatannya sangatlah kuat, sikap solideritas, saling memahmi, kebersamaan yang menjadikan nilai persahabatan mereka sulit dipisahkan. akan tetapi berbeda dengan karekter masyarakat Indonesia saat ini, persahabatan sangatlah murah harganya. "sahabat politis" begitulah penulis menyebutnya. 

***

banyak hal-hal menarik lainnya yang terdapat dalam cerita SpongeBob itu, semisalkan "Squidward" seekor gurita laut yang yang merupakan tetangga SpongeBob mencoba untuk menemukan ketenangan dan meraih kebebasa hidupnya, akan tetapi keinginannya itu selalu terganggu oleh keharmonisan persahabatan SpongeBob  dengan Patrick.

Mr. Krabs seekor kepiting laut merupakan seorang yang kapitalis, dimana ia memiliki sebuah restoran. ia selalu menumpukan keuntungan sebanyak-banyaknya dari hasil restauran itu. akan tetapi ia memiliki rival terberatnya yaitu Plankton yang mencoba untuk bersaing dalam mengrekrut konsumen sebanyak-banyaknya.

***

Ya begitulah dunia "imajinasi", apapun bisa terjadi walau dalam kenyataan itu suatu hal yang mustahil. semisal dalam  imajinasi SpongeBob ada cerita kebanjiran dalam laut, menjemur pakaian dalam laut, kapal layar bukan kapal selam dalam laut, kehausan dalam laut dan sebagainya.
jadi, selama kita masih mampu untuk ber-imajinasi, apapun bisa terjadi.

selamat ber-imajinasi ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2009 Piush
    Twitter Facebook Google Plus Vimeo Videosmall Flickr YouTube