BREAKING

Kamis, 30 Mei 2013

KESADARAN BERIDEOLOGI NDP

KESADARAN BERIDEOLOGI NDP
Oleh Dani Ramdhany

Sebagai  sebuah organisasi perjuangan,  tentunya HMI harus mempunyai suatu landasan dasar ideology sebagai peganan bagi setiap kadernya. apalah arti sebuah perjuangan jika seandainya tidak didasarkan atas nilai-nilai yang bersifat mendasar. nilai-nilai dasar itu harus bersifat tetap (statis) tidak berubah-ubah. Karena yang berubah-ubah itu bersifat rapuh dan tidak kokoh.
NDP merupakan ideology yang menjadi acuan atau pandangan bagi setiap langkah perjuangan kader. NDP mengandung beberapa aspek nilai yang universal, tetap dan kokoh. isi kandungan NDP mencakup nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan dan kemasyarakatan.
Dalam wilayah nilai ketuhanan, NDP mewajibkan bagi setiap kader untuk mempunyai suatu landasan kepercayaan terhadap sesuatu yang bersifat mutlak, benar dan kokoh (ultimate). kepercayaan yang benar itu adalah bahwa kita percaya terhadap sesuatu yang Maha Esa (tauhid). yang Maha Esa itu di Arab dibahasakan dengan lafadz “Allah”. Allah adalah kebenaran mutlak (al-Haq).
Ketika kita sudah meenggantungkan diri kepada sesuatu yang kokoh, konsekwensinya adalah bahwa manusia itu akan menjadi seorang individu yang merdeka (indefendent). Bebas dari ikatan terhadap sesuatu yang bersifat material dan sesuatu yang mempuntai sifat yang nisbi atau relative. manusia merdeka adalah ia yang bertauhid, menggantungkan semua urusan kepada kebenaran mutlak.
Manusia yang merdeka itu hidup dalam komunitas masyarakat. jadi, merdeka tidaklah dipahami sebagai suatu hak untuk melakukasn sesuatu bebas lepas tanpa batas. karana hal yang demikian itu mustahil adanya. individu satu membatasi individu yang lainnya. jadi pada dasarnya satu sama lain saling membatasi.
Dalam kehidupan sosial, kemerdekaan dipahami sebagai sesuatu yang wajar dan pantas. nilai-nilai keadilah harus diaplikasikan dalam aspek apapun. Baik dalam aspek social, ekonomi maupun politik. situasi dan kondisi adil itu harus terwujud demi terciptanya suatu tatanan masyarakan yang ideal dan sejahtera. masyarakan yang ideal diawali dari individu yang merdeka, individu yang mampu menghargai dan menghormati kemerdekaan individu-individu lainnya.
Jadi, HMI bukanlah suatu bangunan yang berdiri tanpa sebuah pondasi (dasar). HMI berdiri di atas suatu pondasi yang jelas dan kokoh. NDP sebagai landasan ideologis HMI mengandung nilai-nilai yang menyeluruh, baik dalam aspek keimanan, kemanusiaan maupun kehidupan social. Inti dari nilai ketuhahan adalah tauhid, kemanusiaan adalah merdeka dan kesosialan adalah adil. Dan sudah saatnya setiap kader HMI mempunyai kesadaran akan menanamkan nilai-nilai itu sebagai sebuah rujukan demi terwujudnya tujuan suci himpunan ini. -YAKUSA-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2009 Piush
    Twitter Facebook Google Plus Vimeo Videosmall Flickr YouTube