BREAKING

Selasa, 28 Mei 2013

Islam Bumi Katulistiwa

Islam Bumi Katulistiwa
Oleh : @ramdhany12

Islam sebagai sebuah tata nilai merupakan agama  yang diperuntukan bagi seluruh umat manusia. Artinya, Islam mempunyai sifat universal atau menyeluruh. Tentunya, setiap apapun yang ditawarkan oleh Islam jangan bertentangan dengan nilai-nilai kemanusiaan. Islam harus bersinkronisasi serta konsisten dalam menjungjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan itu.
Konsekuensi logis dari keuniversalan Islam adalah bahwa ia harus selalu relevan dengan zaman serta harus bersahabat dengan ruang dimana ia singgah. jika tidak, maka gugurlah pernyataan bahwa Islam adalah agama yang universal. keuniversalan itu dibahasakan dengan pernyataan “rahmatan lil `alamīn” (menjadi rahmat bagi seluruh alam).
 Dalam kontek Indonesia, Islam telah hadir sebagai agama yang terus selalu mengawal perjuangan kemerdekaan bangsa ini, baik pada pra-kemerdekaan maupun setelah kemerdekaan.
Bagi Indonesia, Islam tidak dipandang sebagai sebuah ajaran yang bersifat legal-formal, akan tetapi idea-moral yang memiliki nilai-nilai luhur yang terkandung  di dalamnya mampu untuk mempersatukan serta menjadi sumber semangat atas perjuangan melawan setiap bentuk penjajahan.
Di dalam pembukaan Undang-undang Dasar dinyatakan bahwa “penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan pri-kemanusiaan dan pri-keadilan”. Sudah sangat jelas bahwa Islam membawa dan menjungjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan serta keadilan social. dengan kata lain, islam telah mengangkat bendera perang bagi siapa saja yang bermaksud menjajah dan menindas.
Islam mengajarkan bahwa kita harus membela dan memerdekan manusia/kaum yang terjajah dan yang tertindas. dan dari sinilah Islam menjadi spirit bagi bangsa Indoneia dalam setiap pola tindakan yang mengusung nilai perjuangan.
Dalam aspek lain, nilai-nilai ke-Islaman diwujudkan dalam sebuah landasan dasar berbangsa dan bernegara, yaitu Pancasila. Ada lima unsure yang terkandung di dalamnya, yaitu Nilai ketuhanan yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan, musyawarah mufakat serta kesejahtraan dan keadilan sosial. Kesemuanya itu merupakan turunan dari nilai-nilai yang terkandung di dalam al-Qur`an sebagai kitab sakti bagi umat manusia.
Islam itu bukan Arab, Arab itu bukan Indonesia. Tapi, Jika sekiranya kita ingin melihat Islam yang seutuhnya, maka tengoklah Bumi Pertiwi ini. Tanah yang menghampar di bumi katulistiwa. wallahu a`lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2009 Piush
    Twitter Facebook Google Plus Vimeo Videosmall Flickr YouTube