BREAKING

Senin, 02 Juni 2014

Sajak Kerinduan

Oleh: Hendry Mohammad
I
Lagi-lagi kamu tersenyum. Tulus, terasa. Sebagai penikmat kopi dan penggiat diskusi, tentunya kamu sangat paham, bahwa pesakitan seperti aku harus sering-sering disiram dengan senyum lebar untuk menyemangati hidup. Terimakasih kamu, salam buat yang sedang menyala.
II
Mestinya kita belajar untuk lebih cinta pada kesederhanaan, pada tatanan hidup yang lebih menghargai persamaan, anti todong-menodong, juga saling menyalahkan. Tatap dan raut muka teduh begitu sungguh sangat mahalnya di sini. Gusti, ampunilah preman di depanku ini.
III
Di ujung persimpangan jalan. Selain buku dan kamu, yang lain kurang begitu berarti buatku, manisku. Engkau yang aku cita-citakan.
IV
Seperti Waraqah bin Naufal, aku membisikimu tentang petunjuk hidup di sebuah malam yang tersudut sunyi. Mengertilah ketenangan jiwaku, engkau yang aku yakini sebagai penyejuk saat jalanan menjadi sepi.
V
Aku kepadamu seperti pijar gulma yang meletup-letup di ujung bukit. Kadang berkelok-kelok, sampai rasanya aku tersudut di ruang sepi. Kadang pula aku seperti berjalan dihamparan tanah dan rerumputan luas dengan binar muka yang sumringah tentu saja. Hidupku, Tabik !!
VI
Malam ini Muhammad ke langit, lusa nanti giliran Isa. Pekan ini Tuhan sungguh sibuk.
VII
Pagi dengan segelas kopi hangat, lalu memulai renungan terhadap lembaran buku, sangat lebih mengasyikkan daripada mantengin berita pen-capresan dari media jahat yang sarat bias tak tentu objektifitas. Kopi pagi ini, membawa aku pada renungan bahwa islam adalah fitrah kita.
VIII
Di ujung waktu sana, saya selalu yakin kalau masih ada cahaya. Untuk bangsa kita, maupun untuk kita berdua #KegelisahankuMingguIni.
IX
Demokrasi kita seperti tai ayam. Bukan mengutuk kegelapan, tapi mencerna kenyataan yang cendung menghangat awal-awal lalu mendingin kemudian. Semoga yang seperti tai ayam itu cepat-cepat mendewasakan. Hidup petani ! Hidup juga buruh ! Salam pada tanah di rumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2009 Piush
    Twitter Facebook Google Plus Vimeo Videosmall Flickr YouTube