BREAKING

Jumat, 28 Februari 2014

Wisudalah Pada Waktunya

Wisudalah Pada Waktunya

Oleh : Ramdhany

Mahasiswa mana yang tidak ingin wisuda, jika pun ada mungkin itu mahasiswa yang "gila".
Ya, wisuda ! ! ! Sesuatu yang sering dipertanyakan bagi mereka yang sudah mengenyam pendidikan kuliah tepat atau lebih dari ambang batas kepantasan akademis yang sudah ditentukan yaitu 4 tahun atau 8 semester sampai dengan tahun ke 8 atau semester 16 dan selebihnya "DO".
Bang kapan wisuda? Tanya adik kelas. Pertanyaan itu seakan menjadi "momok" dan menjadi pertanyaan yang menggelitik telinga. Atau bisa dikatakan bahwa itu merupakan pertanyaan "haram" yang harus disimpan rapat-rapat.
Bagi mahasiswa tingkat akhir juga rupanya berbagai tuntutan untuk cepat wisuda datang dari berbagai kalangan, seperti adik kelas, kawan seperjuangan, keluarga, senior, calon istri/suami, dosen serta abang-abang penjaga warung kopi.
Ada beberapa alasan mengapa mahasiswa tingkat akhir itu telat atau belum diwusuda. Ada yang beralasan sibuk kerja, sibuk berorganisasi, ada yang nikah duluan, ada yang kebingungan bikin skripsi serta ada yang kewalahan menyelesaikan beberapa mata kuliah yang belum ada nilainya.
Ada juga beberapa mahasiswa yang beralasan bahwa buat apa wisuda cepat-cepat kalau seandainya status identitas pasca wisuda itu tidak jelas atau pengangguran.
Tapi pada intinya wisuda bagi mahasiswa adalah suatu janji yang harus ditunaikan di waktu yang tepat. Wisudalah pada waktunya ! ! !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2009 Piush
    Twitter Facebook Google Plus Vimeo Videosmall Flickr YouTube