BREAKING

Senin, 10 Februari 2014

RAGAM BUDAYA: BELAJAR DARI SANG LELUHUR



RAGAM BUDAYA: BELAJAR DARI SANG LELUHUR
Oleh: Rian Wahyuddin

Ada istilah yang berbunyi “ibu bumi bapak aksa” yang berarti bahwa  ibu adalah bumi dan bapak adalah langit. Demikian pitutur leluhur (ungkapan nenek moyang) yang dianut oleh masyarakat Jawa. Bumi merupakan simbol dari ibu yang memberikan kesuburan tanah sebagai tempat kegiatan pertanian, perkebunan dan lain sebagainya. Sementara langit merupakan simbol bapak yang memberikan keberkahan melalui hujan dan panas.
Ajaran ini mengajarkan bagi manusia untuk saling menyayangi, melindungi dan menghormati bumi beserta langit sebagaimana kita melakukannya kepada kedua orangtua. Jika merusak bumi, maka langit akan marah.
Gerakan menyayangi bumi yang kini telah rutin digembor-gemborkan, bahkan menjadi salah satu agenda dunia yang digalakan antara lain lewat Traktat Kyoto Internasional, sejatinya bukan hal yang baru bagi bangsa Indonesia. Banyak ajaran leluhur dari berbagai suku di Indonesia yang menggaungkan nada serupa.
Filosofi ibu adalah bumi dan bapak adalah aksa hanyalah salah satunya. Dalam kehidupan suku Asmat, mengenal Asmat-nak yang juga mengajarkan keseimbangan hidup antara manusia dan alam. Hingga hari ini,suku Asmat merupakan masyarakat berburu dan meramu, ini artinya mereka sepenuhnya menggantungkan hidup pada alam. Sumber kehidupan adalah sungai, pantai, dan hutan.
Filosofi dasar suku Asmat menjaga keseimbangan kehidupan antara manusia dengan Sang Pencipta, manusia dengan manusia dan manusia dengan alam pun bisa ditemui dalam konsep “Tri Hitta” Karana yang dianut  masyarakat Bali.
Semua ini menjadi sebuah bentuk kearifan local (local wisdom) masyarakat asli Indonesia yang kian dilupakan oleh masyarakat perkotaan khususnya dengan kehidupan modern yang justru membwa mereka kepada belenggu permasalahan. Tak ada salahnya kita kembali belajar pada sang leluhur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2009 Piush
    Twitter Facebook Google Plus Vimeo Videosmall Flickr YouTube