BREAKING

Jumat, 16 September 2011

Restorasi Semangat Patriotik

 
Sejak runtuhnya rezim orde baru (pemerintahan Presiden Suharto) dan era reformasi, bangsa Indonesia seakan memberi kebebasan seluas-luasnya bagi publik. Kebebasan berpendapat dan berbuat sudah menjadi indentitas utama. Setiap warga negara dapat mengekspresikan gagasan dan pikirannya, meski terkadang kurang memperhatikan kepentingan umum yang harusnya dijunjung tinggi. Lebih tepatnya terjadi ledakan partisipasi (dalam bahasa Cak Nur). Ini sekaligus bukti dari demokrasi yang sedang dijalankan di Indonesia. Sebagai bangsa yang menjunjung tinggi demokrasi, maka inilah yang menjadi konsekuensi. Dengan mulai banyak bermunculan ormas-ormas dan lembaga sosial masyarakat. Dan masing-masing mempunyai misi tertentu untuk menjadikan Indonesia yang lebih baik, benarkah demikian?.
Mari kita menilik kejadian-kejadian memprihatinkan belakangan ini. Munculnya gerakan ormas terkadang juga menjadi bomerang bagi kenyamanan warga. Ini ditandai dengan kerusuhan antar ormas yang sering terjadi, di Tangerang misalnya, pada Sabtu 31 Juli terjadi kerusuhan antar ormas kedaerahan. Meski tidak ada koban jiwa, tapi ini sudah mencederai citra ormas tersebut sekaligus mengganggu ketertiban umum, terlebih hal ini dapat menggurangi rasa nasionalisme dan patriotik warga negara terhadap negaranya. Ini hanya contoh kecil yang dapat kita lihat.
Rasa cinta dan fanatik yang berlebih terhadap ormas tersebut, sudah mencederai rasa cinta tanah air. Padahal kita harus sadar, betapa gigihnya para pahlawan pelaku sejarah bangsa ini dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indenesia. Tapi setelah bangsa ini merdeka, justru kecintaan terhadap daerah yang dijunjung tinggi. Hal demikian ini yang menjadi demoralisasi berbangsa dan bernegara.
Maka semoga dengan adanya moment hari kemerdekaan Indonesia, seluruh lapisan masyarakat sadar akan cinta negeri ini…
Pancoran 03 Agustus 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2009 Piush
    Twitter Facebook Google Plus Vimeo Videosmall Flickr YouTube