BREAKING

Kamis, 28 Juli 2011

ALLAH DAN WAKTU



Forum Mahasiswa Theis or Atheis(FORMATOAT)


FAKULTAS USHULUDDIN DAN FILSAFAT


Pertanyaan tentang hubungan Tuhan ke waktu melibatkan banyak topik yang paling membingungkan dalam metafisika. Ini termasuk sifat struktur fundamental dari alam semesta serta sifat hidup Allah sendiri. Hal ini tidak mengherankan bahwa pertanyaan-pertanyaan tersebut masih terbuka bahkan setelah lebih dari dua milenia penyelidikan hati-hati. Sementara filsuf sering datang ke kesimpulan yang cukup menetap di pikiran mereka, mereka bijaksana untuk mengadakan kesimpulan tersebut dengan tangan terbuka.

Setiap pandangan dunia teistik mencakup beberapa gagasan tentang bagaimana Allah berhubungan dengan struktur alam semesta, termasuk ruang dan waktu. Pertanyaan hubungan Tuhan ke waktu telah menghasilkan sejumlah besar refleksi teologis dan filosofis. Pandangan tradisional telah bahwa Allah adalah abadi dalam arti sebagai waktu di luar sama sekali, yaitu, dia ada tapi tidak ada pada setiap saat dan dia tidak mengalami suksesi temporal. Apa yang mungkin pandangan dominan para filsuf hari ini adalah bahwa ia adalah temporal tetapi kekal, yaitu Tuhan tidak pernah mulai ada dan dia tidak akan pernah keluar dari eksistensi.Dia ada pada setiap saat dalam waktu.

Memutuskan bagaimana cara terbaik untuk berpikir tentang hubungan Tuhan ke waktu akan melibatkan membawa menanggung pandangan seseorang tentang aspek lain dari sifat ilahi. Bagaimana seorang filsuf berpikir tentang pengetahuan Tuhan dan interaksinya dengan umat-Nya dalam dunia temporal bentuk bagaimana filsuf yang akan berpikir tentang hubungan Tuhan ke waktu dan sebaliknya. Selain itu, pertimbangan metafisik lain juga memainkan peran penting dalam diskusi. Sebagai contoh, sifat waktu dan sifat dari asal usul alam semesta masing-masing memiliki bantalan tentang apakah Allah yang terbaik dianggap sebagai abadi atau temporal.
Teisme adalah pandangan bahwa ada seseorang yang, dalam cara yang signifikan, seperti setiap orang lain. Orang ini, siapa yang akan kita sebut "Tuhan," adalah pencipta seluruh alam semesta. Ateisme adalah pandangan bahwa orang yang demikian tidak ada. Setiap pandangan dunia teistik mencakup beberapa gagasan tentang bagaimana Allah berhubungan dengan alam semesta ini. Harus ada account tentang bagaimana Allah berhubungan dengan peristiwa, sesuatu, dan orang-orang dalam alam semesta dan tentang bagaimana Allah berhubungan dengan apa yang kita sebut struktur alam semesta. Artinya, bagaimana Allah berhubungan dengan ruang dan waktu. Jika Allah adalah pencipta alam semesta, muncul pertanyaan apakah Tuhan menciptakan ruang dan waktu juga. Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan mengaktifkan apakah ruang dan waktu merupakan bagian atau aspek-aspek alam semesta atau apakah mereka lebih mendasar. Tidak banyak teolog atau filsuf berpikir ruang yang lebih fundamental dari alam semesta. Mereka berpikir bahwa Tuhan membawa ruang menjadi ada. Pandangan ini menyiratkan bahwa Allah dalam beberapa tak beruang akal atau "di luar" ruang. hubungan Tuhan ke waktu, bagaimanapun, adalah sebuah topik tentang yang ada terus menjadi perselisihan dalam. Dari Augustine melalui Aquinas, pemikir besar berpendapat bahwa Tuhan tidak dalam waktu sama sekali. Mereka berpikir tentang Allah sebagai kekal, dalam arti bahwa ia adalah abadi atau temporal. Sekarang, pandangan dominan di kalangan filsuf adalah bahwa Allah adalah temporal. sifat kekal-Nya dianggap sebagai yang kekal, bukan abadi. Dia tidak pernah datang ke keberadaan dan ia tidak akan pernah keluar dari eksistensi tapi dia ada di dalam waktu.

Pendukung dari masing-masing posisi atribut kekekalan kepada Allah. Akibatnya, istilah, "kekal" telah datang untuk menjadi baik ambigu atau istilah umum yang mencakup berbagai posisi. Pada artikel ini, istilah, "abadi" akan digunakan untuk merujuk kepada hubungan Tuhan ke waktu, apapun itu. Istilah "temporal" akan merujuk kepada Allah sebagai dalam waktu dan "abadi" akan menunjuk Allah sebagai waktu di luar.
Argumen yang paling menonjol untuk keabadian ilahi adalah bahwa posisi ini menawarkan solusi untuk masalah Allah ramalan tindakan bebas. Tantangan mendamaikan kebebasan manusia dan kemahatahuan ilahi yang terbaik terlihat jika kita menganggap bahwa Allah adalah temporal. Jika Allah mahatahu dan sempurna, ia tahu setiap kebenaran, dan ia tidak pernah salah. Jika manusia bebas dalam arti libertarian, maka beberapa tindakan seseorang melakukan yang sampai padanya dalam arti bahwa ia dapat melakukan atau tidak melakukan tindakan tersebut. Masalah muncul jika sudah seharusnya bahwa seseorang akan (di masa depan) bebas memilih beberapa tindakan tertentu. Misalkan Jeanie akan memutuskan besok untuk membuat secangkir teh pukul 4.00 WIB. Jika ini merupakan tindakan gratis di pihaknya, maka harus berada dalam kekuatannya untuk membuat secangkir teh atau untuk menahan diri dari membuat itu. Jika Allah ada di waktu dan tahu segala sesuatu, maka ratusan tahun yang lalu, ia sudah tahu bahwa Jeanie akan membuat secangkir teh. Ketika besok datang, bisa Jeanie menahan diri dari membuat secangkir teh? Seperti Nelson Pike berpendapat, (Pike 1965) ia dapat melakukannya hanya jika berada dalam kekuasaan untuk mengubah apa itu percaya bahwa Tuhan dari awal waktu. Jadi, meskipun Tuhan selalu percaya bahwa ia akan membuat teh, ia harus memiliki kekuatan untuk mengubah apa itu bahwa Allah percaya. Dia harus mampu membuat kasus bahwa Allah selalu percaya bahwa dia tidak akan membuat secangkir teh. Banyak filsuf berpendapat bahwa tidak ada yang semacam ini kekuasaan atas masa lalu, kebebasan sehingga manusia tidak kompatibel dengan ramalan ilahi.

Jika Allah adalah abadi, namun, tampaknya masalah ini tidak muncul. Tuhan tidak percaya hal pada poin waktu dan Jeanie tidak, oleh karena itu, harus memiliki kekuasaan atas keyakinan terakhir Tuhan. Dia berkuasa memerlukan atas kepercayaan abadi nya. daya ini tidak terlihat menjadi masalah karena pengetahuan abadi Allah dari suatu peristiwa dianggap sangat analog dengan pengetahuan kita sekarang dari suatu peristiwa. Ini adalah terjadi dari peristiwa yang menentukan isi dari pengetahuan kita tentang acara tersebut. Demikian juga, itu adalah terjadi dari peristiwa yang menentukan isi dari pengetahuan Tuhan. Jika Jeanie membuat secangkir teh, Tuhan tahu itu abadi. Jika dia menahan diri, ia tahu bahwa ia menahan diri. pengetahuan Allah tidak masa lalu, tetapi itu adalah abadi.

Orang mungkin berpendapat bahwa bahkan jika Tuhan adalah temporal, isi nya ramalan ditentukan oleh terjadi acara dengan cara yang sama. Klaim ini, tentu saja, adalah benar. Ada dua item yang memungkinkan untuk kesulitan di sini. Pertama, hanya dalam kasus Allah yang temporal foreknowing teh Jeanie's membuat bahwa ia harus memiliki kekuatan kontrafakta atas masa lalu, Kedua, jika Tuhan tahu seratus tahun yang lalu bahwa ia akan membuat teh, ada rasa di mana dia bisa "masuk di antara" pengetahuan Allah dan acara. Dengan kata lain, fakta bahwa Tuhan tahu apa yang dia tahu adalah tetap sebelum dia memulai acara. Jika itu adalah pilihan bebas di pihaknya, dia masih bisa menahan diri dari membuat teh. Keputusannya untuk membuat teh atau tidak berdiri temporal antara isi kepercayaan Allah dan terjadi acara.

Posisi bahwa Allah adalah abadi sering disebut sebagai solusi terbaik untuk masalah mendamaikan pengetahuan Allah tentang masa depan dan kebebasan manusia. Jika Allah adalah abadi, setelah semua, dia tidak apa-apa mengetahui sebelumnya.Boethius, Anselmus, Aquinas dan banyak orang lain telah menarik atemporality Allah untuk memecahkan masalah ini.

Sedangkan usulan bahwa Allah adalah abadi tampaknya menawarkan strategi yang baik, setidaknya satu masalah tetap signifikan. Masalah ini adalah bahwa nubuat. Misalkan Tuhan memberitahu Musa, antara lain, yang Jeanie akan membuat secangkir teh besok. Sekarang kita memiliki situasi yang berbeda sama sekali. Sementara pengetahuan Tuhan yang Jeanie akan membuat secangkir teh tidak temporal berada, pengetahuan Musa yang Jeanie akan membuat teh temporal berada. Selanjutnya, karena informasi yang datang dari Allah, Musa tidak dapat keliru tentang peristiwa di masa depan (Widerker 1991, Wierenga, 1991).

Masalah nabi adalah masalah, beberapa akan membantah, hanya jika Allah benar-benar mengatakan kepada Musa apa yang Jeanie akan dilakukan. Allah, tampaknya, tidak mengatakan banyak untuk Musa atau nabi lain. Lagi pula, mengapa harus Tuhan memberitahu Musa? Musa tentu tidak peduli Jeanie's cangkir teh.Sejak nubuat semacam ini sangat langka, kita bisa yakin bahwa pengetahuan Allah tidak mengesampingkan kebebasan kita.Beberapa berpendapat, bagaimanapun, bahwa jika bahkan mungkin bagi Allah untuk memberitahu Musa (atau siapapun dalam hal ini) apa yang Jeanie akan lakukan, maka kita memiliki versi dari masalah kompatibilitas yang sama kita akan ada jika kita menyatakan bahwa Tuhan ada di waktu dan foreknows membuat teh nya. Kita bisa menyebutnya versi, "nabi mungkin" masalah.
Jika masalah nabi mungkin adalah cukup serius untuk menunjukkan bahwa pengetahuan abadi Allah tindakan masa depan (masa depan, yaitu dari sudut pandang kita sekarang) tidak sesuai dengan tindakan-tindakan yang bebas, maka memegang Allah untuk menjadi abadi tidak memecahkan masalah ramalan . Argumen lain untuk keabadian Allah dimulai dengan ide bahwa waktu itu sendiri adalah kontingen. Jika waktu adalah kontingen dan Allah tidak, maka paling tidak mungkin bahwa Allah ada tanpa waktu. Kesimpulan ini masih jauh dari klaim bahwa Tuhan adalah, pada kenyataannya, abadi tapi mungkin kita bisa mengatakan lebih. Jika waktu adalah kontingen, maka itu tergantung pada Allah untuk keberadaannya. Entah Tuhan membawa waktu ke dalam keberadaan atau ia memegang itu senantiasa ada. (Klaim bahwa waktu adalah kontingen, meskipun, tidak kontroversial Argumen untuk kebutuhan waktu akan dipertimbangkan di bawah..)

Jika Tuhan menciptakan waktu sebagai bagian dari ciptaan-Nya alam semesta, maka penting apakah atau tidak alam semesta memiliki awal sama sekali. Meskipun mungkin kelihatannya aneh untuk berpikir bahwa Allah dapat menciptakan alam semesta bahkan jika alam semesta tidak memiliki awal, tidak akan aneh untuk filsuf seperti Thomas Aquinas. Bekerja dalam kerangka Aristotel, ia menganggap alam semesta yang kekal menjadi kemungkinan yang sangat nyata. Dia berargumen (dengan cara ketiga) yang bahkan alam semesta dengan masa lalu yang tak terbatas akan perlu untuk bergantung pada Allah untuk keberadaannya. Dalam pandangannya, bahkan jika waktu tidak memiliki awal, itu kontingen. Allah menopang alam semesta, dan waktu itu sendiri, ada pada setiap saat itu itu ada.

Posisi mayoritas saat ini adalah bahwa alam semesta punya awal.Apa yang kebanyakan orang maksud dengan klaim ini adalah bahwa alam semesta fisik dimulai. Ini adalah pertanyaan terbuka bagi banyak orang apakah waktu memiliki awal atau apakah masa lalu adalah tak terbatas. Jika masa lalu adalah tak terbatas, maka sudah waktunya metafisik dan bukan waktu fisik yang kekal.Argumen seperti tujuan Kalam Argumen kosmologis untuk menunjukkan bahwa tidak mungkin bahwa masa lalu tidak terbatas (Craig dan Smith, 1993; Craig 2001b). Misalkan waktu muncul dengan alam semesta sehingga alam semesta hanya memiliki masa lalu terbatas. Ini berarti bahwa waktu fisik diciptakan oleh Tuhan. Ini mungkin terjadi bahwa metafisik waktu tak terbatas atau bahwa Tuhan menciptakan "durasi murni" (waktu metafisik) juga.Dalam kasus terakhir, Allah harus abadi. Allah menciptakan baik waktu fisik dan metafisik dan Tuhan ada seluruhnya tanpa waktu.Allah, maka, harus abadi. Kecuali Allah menjadi temporal di beberapa titik, Allah tetap abadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2009 Piush
    Twitter Facebook Google Plus Vimeo Videosmall Flickr YouTube