BREAKING

Kamis, 15 September 2011

Cinta Sang Iblis

Bismilahirrahmanirrahim,
Iblis....
Serupa mahluk, seperti apakah dia?
Mungkin ia buruk rupa, atau bengis tak kenal ampun, tapi kalau aku boleh jujur terhadapnya, aku akan katakan bahwa aku sangat kasihan padanya.
Bagaimana tidak ? Tiada mahluk semalang Iblis. Ia lahir dengan cinta dan menyembah atas dasar cinta. Baginya Tuhan adalah satu dan hanya padanya ia menundukan kepalanya. Iblis mencitai Tuhan....Cintanya luar biasa sekali.
Gegabahkah aku dengan berkesimpulan seperti itu?
Mungkin memang gegabah, tapi aku mengatakannya dengan alasanku sendiri. Seseorang yang tak peduli tak akan menghabiskan hidupnya hanya untuk satu tujuan, sementara Iblis hanya punya satu tujuan ...menyesatkan manusia. Memang betul dalam hal ini, dia adalah musuh mausia, tapi dalam hal kecintaan pada Allah, yang ia coba jauhkan dari manusia, Maka tak ada manusia yang bisa menandinginya.
Hanya Iblis yang menolak tunduk pada selain Allah disaat semua malaikat tunduk pada adam. Memang betul itu bukti kesombongan, tapi tak dapat disangkal bahwa itupun bukti kecintaan dan loyalitas seorang hamba pada Tuannya. Hanya saja, betapa bodohnya Ia yang tak menyadari cerminan Tuhan dalam wujud mahluknya, Iblis, termasuk yang terjebak dalam kebodohan itu.
Betapa akan lebih mudah bagi Iblis untuk menyetujui saja keputusan Allah ketika berkata "pergilah kau ke neraka...sesungguhnya kau telah dikutuk", tapi ia malah meminta tangguh hanya untuk mengajak manusia besertanya. Kebencian Iblis begitu mendarahdaging pada manusia, sehingga ia rela tersiksa seumur dunia hanya untuk melihat manusia, mahluk yang telah merebut hati kekasihnya, tersiksa bersama dirinya di neraka.
Dalam hal kebencian sangat pantas bila Iblis menjadi musuh manusia, tapi dalam hal kecintaan sungguh manusia tiada apa-apanya. Manusia mencintai dan mengabdi karena iming-iming surga sementara Iblis tetap pada kecintaannya walau neraka dihadapkan padanya. Cinta mana yang sanggup melakukan hal seperti itu ?
Pada detik-detik kematiannya Al-Hallaj sempat mengatakan bahwa cinta itu membakar atau dibakar. Orang yang sanggup memaparkan cinta sebetulnya belum sampai pada Cinta. Cinta adalah api yang melumatkan serangga yang mendekatinya. Serangga itu bukan tidak menyadari panasnya api , tapi terangnya begitu memabukkan.
Orang yang tiba di gelombang Cinta
Gagap hendak menjelaskannya
Kalau merasa sebagai hamba
Wujud menjadi dua
Kalau merasa sebagai Tuhan
Ia tersekutukan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2009 Piush
    Twitter Facebook Google Plus Vimeo Videosmall Flickr YouTube